Friday, April 5, 2019

10 Bangunan Tertinggi Di Dunia



Membangun sebuah gedung sudah pasti bukan hal yang mudah karena banyak hal yang dibutuhkan salah satunya adalah Arsitek. Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur atau ahli rancang bangun. Pekerjaan seorang arsitek sangat luas mulai perencanaan, merancang dan mengawasi konstruksi bangunan, aspek estetika, budaya, sampai menangani interior ruangan dan lingkup bangunan secara keseluruhan.

Berikut silahkan Anda simak 10 bangunan tertinggi di dunia yang juga merupakan karya mengagumkan dari para Arsitek dunia :


1. Burj Khalifa, Dubai UAE 828 m (2,717 ft)
Burj Khalifa dalam bahasa Arab berarti 'Menara Khalifa' sebelumnya bernama Burj Dubai adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Arsitek Skidmore, Owings and Merrill, Insinyur Struktural Bill Baker. Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Buat Anda yang sudah menyaksikan film Ghost Protocol yang dibintangi Tom Cruise pasti sudah melihat adegan Tom Cruise bergantung di gedung ini.


2. Shanghai Tower, Shanghai China 632 m (2,073 ft)
Shanghai Tower atau "Shanghai Central Tower" adalah pencakar langit supertinggi yang sedang dibangun di Lujiazui, Pudong, Shanghai. Dirancang oleh Gensler, gedung ini adalah yang tertinggi di antara tiga gedung supertinggi di Pudong; dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan
Shanghai World Financial Center. Setelah rampung pada tahun 2014, gedung ini akan berdiri setinggi 632 m (2,073 kaki) dengan 121 lantai dan luas total 380.000 m² (4,090,000 ft² ).
Saat atap gedung ditutup pada bulan Agustus 2013, Shanghai Tower menjadi bangunan tertinggi di Cina dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Shanghai Tower juga merupakan struktur tertinggi di Cina, mengalahkan Canton Tower (600m (2,000 kaki )) di Guangzhou.


3. Makkah Royal Clock Tower Hotel Mecca Saudi Arabia 601 m (1,971 ft)
The Abraj Al-Bait Towers, juga dikenal sebagai Mecca Royal Hotel Clock Tower, adalah sebuah kompleks bangunan milik pemerintah di Mekkah, Arab Saudi. Menara ini merupakan bagian dari Proyek King Abdulaziz Endowment yang berusaha untuk memodernisasi kota dalam
hal katering untuk jamaahnya. Kompleks ini memegang beberapa rekor dunia antara lain menara jam tertinggi di dunia dan jam terbesar di dunia. Makkah Royal Clock tower ini menjadi bangunan tertinggi ketiga di dunia, hanya dilampaui oleh Dubai Burj Khalifa dan Shanghai Tower.


4. One World Trade Center New York City USA 541.3 m (1,776 ft)
One World Trade Center, lebih dikenal sebagai 1 WTC dulunya bernama Freedom Tower, adalah bangunan utama di komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Arsiteknya adalah David Childs. Menara ini akan dibangun di sudut barat laut situs World Trade Center dan akan menempati lokasi bekas 6 World Trade Center. Pembangunan relokasi sarana bawah tanah, dasar bangunan, serta pondasinya dimulai pada 27 April 2006. One World Trade Center akan menjadi bangunan tertinggi di Amerika Serikat, berdiri setinggi 1.776 kaki (541.3 m ) dan termasuk di antara bangunan tertinggi ke dua di dunia.


5. Taipei 101 Taipei Taiwan 509 m (1,670 ft)
Taipei 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional. Menara ini menjadi gedung tertinggi ke lima di dunia. Gedung ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang karena memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte perdetik. Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. 


6. Shanghai World Financial Center Shanghai China 492 m (1,614 ft)
Shanghai World Financial Center adalah gedung pencakar langit di Shanghai, Cina. Tinggi total gedung pencakar langit ini adalah 492 m. Gedung ini sejatinya dirancang oleh pihak Kohn Pedersen Fox East China Architecture and Design Institute dengan Insinyur Struktural Leslie E. Robertson yang bekerja sama dengan pihak pengembang, yakni Mori Building Corporation.


7. International Commerce Centre Hong Kong Hong Kong 484 m (1,588 ft)
The International Commerce Centre (ICC Tower) terdiri dari 118 lantai setinggi 484 m (1.588 ft) gedung pencakar langit komersial ini selesai tahun 2010 di West Kowloon, Hong Kong. Ini adalah bagian dari proyek Union Square dibangun di atas Stasiun Kowloon. Pada tahun 2013, termasuk dalam tujuh bangunan tertinggi di dunia serta bangunan tertinggi di Hong Kong. Fasilitas terkenal termasuk The Ritz-Carlton, Hong Kong dan sebuah observatorium yang disebut Sky100. IFC Tower juga dikembangkan oleh Sun Hung Kai Properties, bersama dengan pengembang Hong Kong utama lain, Henderson Land.





8. Petronas Tower 1 Kuala Lumpur Malaysia 452 m (1,483 ft)
9. Petronas Tower 2 Kuala Lumpur Malaysia 452 m (1,483 ft)


Menara Petronas atau Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia adalah sepasang menara kembar yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998—2004. Namun demikian, kedua menara ini masih merupakan pencakar langit kembar tertinggi di dunia pada abad ke-20. Kedua menara memiliki 88 lantai dengan total 76 lift, termasuk 29 double-decker berkecepatan tinggi lift penumpang di setiap tower. Setiap lift double-decker dapat membawa 26 orang. Sistem keamanan termasuk kartu akses dan alarm sistem pemantauan, televisi sirkuit tertutup, suara interkom, dan sistem ID foto.

10. Zifeng Tower Nanjing China 450 m (1,476 ft)
Zifeng Tower (Greenland Center-Zifeng Tower atau Greenland Square Zifeng Tower, dikenal umum Nanjing Greenland Financial Center) memiliki ketinggian 450 meter (1.480 kaki) pencakar langit ini selesai pada tahun 2009 di Nanjing, Cina. Bangunan dengan lantai yang terdiri dari ruang ritel dan kantor di bagian bawah, sedangkan restoran, hotel, dan sebuah
observatorium publik di bagian atas. Tangga ke menara adalah fungsional, dengan total 66 lantai.
Gedung ini adalah gedung tertinggi ke sepuluh di dunia.

"A truly great book should be read in youth, again in maturity and once more in old age, as a fine building should be seen by morning light, at noon and by moonlight." - Robertson Davies

"An Architect could build a highest skycraper in the world but still would never ever to rebuild a broken heart." - Unique





No comments:

Post a Comment