Sunday, July 21, 2019

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Menjelang mau dapet atau istilah biologinya menstruasi, rasanya tubuh menjadi kurang fit, emosi naik turun…bawaannya pengen marah terus, bete, perut nyeri ples kram dan sebagainya. Hal yang tidak menyenangkan ini sering banget dialami wanita kalau mau dan pada saat menstruasi. Tapi tenang saja, hal ini bisa diatasi kok.
Nyeri saat menstruasi adalah hal yang normal, selama Anda masih bisa mengerjakan aktivitas harian. Walau begitu, rasa nyeri ini kadang mengganggu dan membuat konsentrasi menurun. Berikut silahkan anda simak beberapa tips untuk meredakan nyeri saat menstruasi :


- Mengompres perut dengan air hangat
Mengompres bagian perut yang nyeri dengan air hangat akan membuat perut merasa lebih nyaman dan mengurangi nyeri. Bila nyeri tak tertahankan, sebaiknya Anda berbaring sambil mengompres perut Anda. Atau Anda bisa mencontoh hal yang saya lakukan dengan mengisi botol dengan air hangat kemudian ditempelkan perut.

- Banyak minum air putih
Selama masa menstruasi, Anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Karena itu, pastikan Anda minum air putih atau buah yang mengandung banyak air. Hindari minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

- Konsumsi  Zat Besi
Saat menstruasi, wanita rentan terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini membuat tubuh menjadi lemas, pandangan kabur, bahkan pingsan. Maka dari itu untuk wanita yang sedang menstruasi disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam

- Kurangi Komsumsi Garam
Apakahn Anda sering merasa badan seperti 'bengkak' bahkan berat badan naik ketika menstruasi? Hal ini terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama masa menstruasi. Anda bisa mengurangi efek 'bengkak' ini dengan mengurangi konsumsi garam. Garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, sehingga tubuh makin terasa 'bengkak'

- Tidur Teratur
Saat sedang  menstruasi, tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Tidur dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Hindari begadang dan tidur setidaknya 7 jam.

- Minum Obat Pereda nyeri
Ini adalah ‘senjata' terakhir saya apabila nyeri perut sudah tidak tertahankan sehingga membuat saya tidak bisa beraktifitas. Minum sebutir  obat pereda nyeri akan meredakan nyeri menstruasi.


"Women complain about premenstrual syndrome, but I think of it as the only time of the month that I can be myself." - Roseanne Barr

"Woman have regularly period every month because they are special.'' - Unique Daily Tips

Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment