Saturday, August 17, 2019

Arti Kemerdekaan


Setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia. 71 tahun yang lalu  ditanggal yang sama moment ini ditandai dengan pembacaan Proklamasi oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs.Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat. Kedua tokoh ini kemudian kita kenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia dan menjadi Presiden dan wakil Presiden Indonesia yang pertama. Jaman saya sekolah dulu yang namanya hafal teks proklamasi itu wajib..jib.

Berbeda dengan anak-anak sekarang banyak yang nggak ngeh apa itu proklamasi. Bahkan sila-sila dalam Pancasila pun banyak yang tidak tau :(. Dan hal yang sempat ramai menjadi bahan pembicaraan di sosmed adalah ketika salah satu artis Indonesia yang salah melafalkan Pancasila.

Kemerdekaan Indonesia tidak diperoleh dengan mudah. Selama 3,5 abad Indonesia dijajah oleh Belanda, setelah Belanda angkat kaki, Jepang masuk dan kembali menjajah Bangsa Indonesia. Jepang menjajah selama 3,5 tahun tetapi penderitaan yang dialami oleh bangsa Indonesia tidak jauh berbeda dengan zaman penjajahan Belanda. Apapun itu yang namanya dijajah tidak ada enaknya. Dan parahnya walaupun penjajahan Jepang 'cuma' 3,5 tahun tetapi penderitaan yang dialami Bangsa Indonesia itu tidak jauh beda dengan penjajahan Belanda selama 350 tahun. Beruntung banget kita tidak ikut merasakan yang namanya perang, dijajah dll.

Bangsa Indonesia merdeka selama 69 tahun. Lalu apa arti kemerdekaan buat Anda? Kebanyakan orang akan menjawab "merdeka artinya kita bebas dari penjajahan, bangsa Indonesia bisa menentukan hidupnya sendiri, pembangunan segala bidang, bisa sekolah, bekerja, hidup lebih tentram dan damai. Hmmm okay, apapun itu setiap orang punya versi masing-masing mengenai arti dan makna kemerdekaan. Menurut saya, untuk sekarang ini arti kemerdekaan adalah apabila seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan layanan internet yang lebih baik. Karena sekarang ini akses internet kita sangat memprihatinkan, Indonesia harus puas berada di 10 besar negara dengan Internet Terlambat . Well, menurut saya itulah arti dan makna kemerdekaan secara spesifik hehehe...


"Happy Independence Day My Beloved Indonesia...I'm Proud to be Indonesian."


No comments:

Post a Comment