Monday, August 5, 2019

Tips Sehat : 7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Pisang

Kali ini saya mau membagi informasi mengenai manfaat buah pisang. Jangan salah yah, buah pisang yang identik sebagai buah favorit monyet ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak sulit untuk menemukan pisang, tumbuhan tropis ini banyak terdapat di Indonesia. Jenisnya pun beraneka ragam dan tidak mengenal musim seperti buah lainnya. Bahkan sekarang ini olahan makanan berbahan dasar pisang sudah bisa kita jumpai dengan mudah di mana-mana. Mulai dari pisang goreng, keripik pisang beraneka macam rasa, dodol pisang dll.

Mengkonsumsi buah pisang buah pisang ternyata sangat baik untuk tubuh kita karena buah pisang bermanfaat untuk membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium,nitrogen, dan fosfor yang berguna untuk membangun perbaikan dan regenerasi jaringan. Pisang juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalium, magnesium, fosfor dan zat besi.
Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak beberapa manfaat buah pisang berikut ini :



1. Sebagai Sumber Energi
Buah pisang  kaya akan karbohidrat yang menjadi sumber energi untuk tubuh. Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi untuk  melakukan aktifitas harian.
2. Buah Pisang Bisa Meningkatkan mood
Buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningatkan suasana hati atau memperbaiki mood yang kurang baik.. Jadi jika Anda sedang galau, makanlah pisang hehe. (baca juga : Makanan Yang Bisa Memperbaiki Mood Anda).
3. Dapat Memperlancar Proses Metabolisme / Buang Air Besar
Bagi Anda yang mengalami kesulitan saat buang air besar/sembelit Anda dapat memakan buah pisang, karena buah pisang dapat membantu memperlancar proses pencernaan.
4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Bagi  Anda yang sedang "Diet ", konsumsilah buah pisang karena karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis, selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk  diet.
5. Mengatasi Hipertensi
Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat
menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh.
6. Mencegah Penyakit Jantung
Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung karena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat  mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
7. Mengatasi Anemia (kurang darah)
Buah pisang mengandung zat besi. Mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari, maka akan membantu menghindari Anemia. Jadi bila Anda menderita Anemia, sebelum memutuskan untuk menkonsumsi obat Anemia, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi buah pisang.

"Without hurting anybody, we all tend to laugh at others' discomfort. When someone slips on a banana skin and falls it's funny." - Shahrukh Khan

Nah demikianlah sedikit informasi mengenai manfaat buah pisang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat buat Anda.

No comments:

Post a Comment