Thursday, August 1, 2019

Unique Daily Info : 6 Manfaat Penting Semangka untuk Kesehatan


Semangka merupakan salah satu buah yang populer karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Di balik kelezatan rasanya, semangka ternyata juga menyimpan banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh.
Berikut ini silahkan Anda simak  apa saja manfaat mengagumkan yang tersimpan dalam buah semangka :

Mempercantik kulit
Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mulai kehilangan kolagen yang menyebabkan kulit mengeriput. Di sisi lain, semangka memiliki kandungan betakarotin yang dapat mengatasi masalah tersebut. Di samping itu, mengonsumsi 180 gram semangka dapat memenuhi 20 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C dalam sehari. Asupan vitamin dapat membantu tubuh untuk menghasilkan kolagen dan menjaganya.

 
Menjauhi risiko stroke
Warna merah semangka berasal dari antioksidan lycopene yang sangat kuat. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan lycopene dapat menurunkan risiko stroke hampir sebesar 20 persen. Penelitian juga menunjukkan bahwa peserta penelitian yang memiliki kadar lycopene tertinggi dalam tubuhnya berisiko terkena stroke lebih rendah sebesar 54 persen jika dibandingkan dengan peserta penelitian dengan kadar lycopene terendah. Lycopene yang banyak terdapat dalam semangka ini dapat berfungsi meningkatkan fungsi pembuluh darah sekaligus melindungi pembuluh darah dari kolesterol yang terdapat dalam aliran darah.

 
Menjauhi flu
Kandungan lycopene yang tinggi dalam semangka juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terserang flu.  Di samping itu, lycopene juga dinilai para ahli dapat membunuh sel kanker yang baru bertumbuh. Pasalnya, lycopene merupakan anrioksidan yang sangat kuat sshingga dapat menepis berbagai radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment