Friday, September 13, 2019

Anemia dan Penyebabnya

Anda mungkin sudah sering mendengar penyakit kurang darah atau lebih dikenal dengan Anemia. Kata Anemia berasal dari bahasa Yunani kuno "anaimia" yang berarti kekurangan darah. Anemia adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunan jumlah sel- sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam darahnya kurang dari normal yang menyebabkan terjadinya hipoksia/kekurangan oksigen pada organ penderitannya. Berkurangnya jumlah hemoglobin dalam sel darah merah mengakibatkan oksigen yang dibawa dari paru - paru ke jaringan tubuh juga menjadi berkurang.

Gejala Anemia:
- Lemah, wajah terlihat pucat dan kurang bergairah
- Sakit kepala, pandangan berkunang-kunang.
- Susah untuk konsentrasi

Penyebab terjadinya anemia adalah :
- Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.
- Terjadinya malabsorbsi zat besi yaitu penyerapan zat besi yang tidak optimal akibat diare kronis atau pembedahan tertentu pada saluran pencernaan dll.
- Menstruasi berlebihan. Wanita yang sedang menstruasi rawan terkena anemia terutama bila darah menstruasinya banyak.
- Kehamilan. Pada saat mengandung suplai zat besi ibu dialihkan ke janin untuk pembentukan sel darah merah janin . Hal itu menyebabkan bumil tersebut rawan kekurangan zat besi .

Apabila Anda mengalami gejala diatas dan terjadi secara berulang, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter, terlebih lagi jika Anda sedang mengandung.
Semoga info diatas bermanfaat buat kita semua.

No comments:

Post a Comment