Saturday, November 30, 2019

IQ


Anda pasti sudah sering mendengar ucapan " IQ jongkok" atau "Si Anu itu genius IQ nya tinggi". Lalu apa sih sebenarnya IQ itu? IQ atau Intelligence Quotient adalah tingkat kecerdasan sesorang. IQ adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan nalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa dan belajar. Kecerdasan atau IQ sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang. 

Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang disebut sebagai tes IQ.
Kecerdasan itu termasuk kreativitas, kepribadian, watak dan pengetahuan.
Spesifikasi kecerdasan menurut L.L. Thurstone:

- Pemahaman dan kemampuan verbal
- Angka dan hitungan
- Kemampuan visual
- Daya ingat
- Penalaran
- Kecepatan perseptual

Menurut Howard Gardner, seorang psikolog terkemuka dari Universitas Harvard , menyatakan ada 8 kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, diantaranya adalah:

- Kecerdasan linguistik
Orang yang memiliki kecerdasan ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata-kata saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar mengisi TTS, bermain scrable,
membaca dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas.
- Kecerdasan matematik atau logika
Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. Mereka mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi, berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis, dan pandangan hidupnya bersifat rasional.
- Kecerdasan spasial
Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek ,
- Kecerdasan kinetik dan jasmani
Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik.
- Kecerdasan musikal
Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini mampu mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara.
- Kecerdasan interpersonal
Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Selain itu, mereka juga mampu menjalin kontak mata dengan baik, menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, dan mendorong orang lain menyampaikan kisahnya.
- Kecerdasan intrapersonal
Orang tipe ini memiliki kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. Ciri-cirinya yaitu suka bekerja sendiri, cenderung cuek, sering mengintropeksi diri, dan mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
- Kecerdasan naturalis
Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif serta mengembangkan pengetahuannya mengenai alam.

"There is zero correlation between IQ and emotional empathy... They're controlled by
different parts of the brain." - Daniel Goleman

"The winner's edge is not in a gifted birth, a high IQ, or in talent. The winner's edge is all in the attitude, not aptitude. Attitude is the criterion for success." - Denis Waitley

"A genius suppose to know how to stop the war rather than create a killing machine to win the war." - Unique

1 comment:

  1. "... Zero correlation between IQ and Emotional empathy (maksudnya EQ ya?)..."
    Jadi apa yang lebib penting, atau apa yang sebaiknya didahulukan?

    ReplyDelete