Sunday, November 3, 2019

Penyebab Rambut Putih Pada Usia Muda



Sekilas memang tampak menyedihkan, namun mau tidak mau, suatu hari nanti Anda akan mengalami momen rambut memutih atau lazim disebut beruban. Manusia rata-rata mulai beruban pada usia 30-an. Semakin putih warna kulit dan semakin terang warna rambut, maka semakin cepat mengalami pemutihan pada helai rambut dibandingkan mereka yang berkulit dan berambut lebih gelap.
Namun, kini semakin banyak bermunculan kasus usia 20-an telah mengalami pemutihan pada helai rambut. Hal yang tidak biasa ini, menurut banyak dermatologis, umum disebabkan oleh dua hal, yakni faktor genetik dan gaya hidup. Khusus untuk yang terakhir disebut, ada empat alasan utama mengapa uban muncul lebih dini di usia 20-an. Simak selengkapnya di bawah ini.
  1. Tingkat stres yang tinggi
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas New York pada 2013 lalu menemukan fakta bahwa stres mampu sebabkan pecahnya sel inti pada batang rambut yang mengakibatkan rusaknya folikel dan berujung pada munculnya uban.
  2. Gangguan kesehatan
    Pada kasus tertentu, meskipun jarang terjadi, uban kerap muncul akibat dari gangguan kesehatan, seperti salah satunya penyakit tiroid. Selain itu, penyakit auto imun, seperti alopesia dan vitiligo, dapat menyebabkan uban dini. “Auto imun adalah kondisi di mana sel-sel di dalam tubuh menyerang kondisi prima tubuh luar, termasuk rambut, yang kemudian berakhir pada gejala uban dini,” ujar Marie Jihn, dermatologis senior dari Pusat Penelitian Kulit Premier di San Fransisco, Amerika Serikat.
  3. Kekurangan vitamin
    Kemungkinan lain penyebab uban dini adalah kurangnya asupan vitamin B12. Biasanya hal ini berisiko terjadi pada mereka yang kerap mengalami gejala anemia, di mana intensitas perederan sel darah merah tdiak mencukupi sehingga memengaruhi daya serap batang rambut terhadap vitamin B12 sebagai salah satu makanan utamanya.
  4. Perokok aktif
    “Merokok adalah hal terburuk bagi kulit dan rambut Anda,” ujar Marie Jihn. Mengutip beberpaa penelitian ilmiah, Jihn menyebut bahwa merokok sebabkan kulit alami keriput dini yang terjadi bukan hanya di kulit wajah, namun juga kulit kepala. Ketika kulit kepala kering dan muncul ketombe berlebih, maka berpengaruh pada kesehatan batang rambut yang kian kurang mendapatkan nutrisi. Akibatnya, rambut pun mudah rapuh dan berujung pada munculnya uban. 
  5. Keturunan
    Ternyata selain beberapa hal diatas, faktor keturunan juga dapat menyebabkan rambut seseorang cepat memutih. Karena Gen adalah penentu keturunan, jadi apabila salah seorang dari kedua orang tua mempunyai rambut putih pada usia muda maka bukan tidak mungki hal tersebut akan menurun ke anaknya.
     


No comments:

Post a Comment