Wednesday, July 13, 2022

Unique Daily Info : Mythomania, Penyakit Psikologis Suka Berbohong

Hampir semua orang pernah melakukan kebohongan, yang biasanya dilakukan dengan cara menceritakan sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta pada orang lain. Kebohongan ini bisa jadi dilakukan untuk melindungi sesuatu atau memang diniati untuk menipu seseorang. Hanya saja, kebiasaan buruk untuk tidak jujur ini bagi beberapa orang adalah hal yang sulit sekali dilakukan dan menjadi sebuah candu. Banyak orang yang bahkan sering melakukan kebohongan tanpa disadari dan baru disesali setelah terlanjur dipercaya banyak orang. Penyakit kompulsif dimana orang akan mudah untuk berbohong ini bisa jadi berbahaya untuk kelanjutan hidup seseoran dan sering disebut sebagai Mythomania
Mythomania sendiri bisa dijabarkan sebagai kondisi dimana seseorang ingin sekali mendapatkan perhatian besar dari orang lain, namun, karena keinginan yang sangat kuat ini, anda pun rela untuk menceritakan sebuah cerita bohong agar dipercaya dan diperhatikan oleh orang lain. Penderita mythomania sendiri bisa dibagi menjadi mereka yang masih dalam tahap ringan dan hanya menceritakan beberapa cerita karangan yang tidak berdampak besar bagi orang lain dan hanya untuk mendapatkan perhatian, atau mereka yang memang sudah mengalami permasalahan mental akut, dimana kepribadiannya sudah cenderung memanipulasi segala hal, sangat narsis dan memperhatikan penampilan, serta cenderung mudah berinteraksi sosial dengan cara membual.
Biasanya, orang yang memiliki mythomania memiliki banyak faktor kegagalan dalam hidupnya, khususnya masalah keluarga dimana semua orang tentu mengharapkan keluarga yang harmonis. Kegagalan dalam hal pertemanan, percintaan, studi, atau bahkan masalah pekerjaan juga bisa memicu seseorang mencoba mengelak dari berbagai masalah ini sehingga menjadi pembohong untuk melarikan diri dari apa yang Ia alami selama ini. Dengan membuat orang lain percaya dengan kebohongannya, Ia merasa lebih mudah untuk lari dari semua masalah ini.
Untuk mengobati masalah ini, penderita mythomania tentu harus menyadari diri-sendiri bahwa kebohongan-kebohongan yang Ia alami tidaklah baik karena justru bisa membuat masalah yang lebih besar ke depannya. Penderita mythomania bisa mendatangi psikolog dan melakukan konseling dengan metode konvensional psikoterapi. Untungnya, kini juga banyak psikolog yang bisa memakai hypnotherapy yang bisa mengatasi masalah berbohong ini dengan lebih efektif.

No comments:

Post a Comment