Monday, September 19, 2022

Vitamin dan Mineral yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin selama ini kita hanya tahu wortel saja yang memberi vitamin bagi mata dengan kandungan beta karotennya. Rupanya masih banyak vitamin dan mineral lain yang kita butuhkan. Apa saja unsur-unsur yang kita butuhkan untuk kesehatan mata kita :

1. Vitamin C
Vitamin ini dapat menurunkan risiko terjadinya katarak dan memperlambat perkembangan AMD serta hilangnya ketajaman visual. Banyak terdapat dalam jambu biji, jeruk, bayam, pisang, apel, tomat, pepaya, nenas, brokoli, stroberi, paprika, kiwi, dan blewah.

2. Vitamin E
Dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain almon, kacang tanah, ubi jalar, bayam, sawi, pepaya, asparagus, paprika.
 
3. Sulfur
Membantu menjaga lensa mata tetap kuat. Bisa diperoleh dari bawang putih dan sayuran keluarga kol.

4. Asam lemak esensial
Membantu memelihara sistem saraf, memberi energi bagi sel-sel dan meningkatkan sistem imun. Omega-3 penting untuk perkembangan visual yang baik dan fungsi retina. Sumber omega-3 misalnya ikan salmon, tuna, kakap, makarel, bilis, sardin, tiram, kedelai dan tahu.

5. Lutein dan Zeaksantin
Sejumlah studi menunjukkan kedua jenis antioksidan yang masuk golongan karotenoid ini mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk katarak dan AMD. Tak heran jika belakangan lutein dan zeaksantin makin populer sebagai nutrisi penyehat mata. Sumber lutein antara lain cabai atau paprika kuning, mangga, bayam, brokoli, sawi). Zeaksantin dapat diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, lettuce, bayam, buah asam, jeruk, dan telur.
 
 
Thanks for reading ^_^

No comments:

Post a Comment