Wednesday, April 1, 2020

Asal Mula APRIL MOP

 
April Mop menjadi tradisi di setiap negara untuk April Mop berbeda, tapi umumnya dirayakan dengan melakukan tipuan bersama teman atau orang terdekat


Mungkin sebagaian orang sudaj familiar dengan istilah April Mop yang dirayakan setiap 1 April bahkan dibeberapa Negara sudah menjadi tradisi tahunan. Tradisi di setiap negara berbeda-beda, tapi umumnya April Mop dirayakan dengan melakukan tipuan-tipuan lucu bersama teman maupun orang-orang terdekat.

Meski begitu, asal-usul April Mop masih menjadi misteri dan menimbulkan banyak spekulasi terkait sejarahnya.
Beberapa sejarawan berspekulasi April Mop berawal pada tahun 1582, ketika Perancis beralih menggunakan kalender Gregorian dari kalender sebelumnya, Julian, sebagaimana diminta oleh Dewan Trent pada 1563.
Masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut dan masih merayakan Tahun Baru dari kalender lama akan mendapat lelucon “dumb on April” dari para penganut kalender yang baru.

Para sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival seperti Hilaria, yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret dan melibatkan orang–orang yang berdandan sebagai penyamaran.

Selain itu, April Mop juga dikatikan dengan vernal equinox atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, ketika Mother Nature menipu orang-orang dengan sebuah perubahan seperti cuaca yang tidak terduga.

Tidak ada alasan khusus untuk merayakan April Mop ini, tapi yang jelas pada perayaan tersebut akan muncul banyak lelucon yang dibuat, seperti di Brasil yang menyebutnya dengan perayaan "Dia da Mentira" atau hari kebohongan atau hari kebalikan.

Sementara di Indonesia sendiri masih jarang yang merayakan April Mop dan belum menjadi tradisi tahunan seperti di negara lain. April Mop mungkin ramai dikalangan anak-anak sekolah yang ingin mengerjai teman dekat. Tapi perlu diingat jangan sampai iseng mengerjai teman secara berlebihan.

No comments:

Post a Comment