Wednesday, January 11, 2023

Manfaat Luar Biasa Buah Naga

Buah naga atau dragon fruit mulai diminati dan populer di Indonesia serta Asia Tenggara sejak sepuluh tahun belakangan. Bentuk dan tekstur buah naga yang berbeda dari kebanyakan buah lainnya memang tak terlalu sulit dicari. Buah naga ada yang warna putih ada juga yang warna merah atau ungu.

Buah naga banyak dijual di supermarket besar hingga pasar tradisional dengan berbagai tingkatan harga sesuai musimnya seperti musim penghujan dan bulan puasa.
Bagi Anda yang belum terbiasa atau bahkan hanya sekedar memakannya tanpa mengetahui khasiatnya.

Berikut silahkan Anda simak 7 manfaat istimewa buah naga dari membuat wajah awet muda hingga mencegah diabetes seperti yang dikutip dari Boldsky :

 
Menurunkan berat badan
Buah naga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Buah naga rendah kalori dan sangat cocok menjadi pengganti camilan sehari-hari.

 
Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah naga mengandung vitamin B, C, dan mineral seperti kalsium dan zat besi. Bila dikonsumsi secara teratur, buah naga meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh lebih sehat.

 
Mengontrol kadar gula darah (diabetes)
Tingginya jumlah serat dalam buah naga dikenal dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dengan begitu dapat mengendalikan gejala penyakit pada pasien diabetes.

 
Meningkatkan kesehatan jantung
Karena makan buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol, maka mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Seperti diketahui, jika terlalu banyak kolesterol di dalam pembuluh darah, dapat menyebabkan gangguan jantung.

 
Membuat awet muda
Buah naga kaya akan mineral dan antioksidan. Kandungan sehat itu dapat menjaga organ vital dan mengurangi tingkat penuaan sel sehingga terlihat awet muda.

 
Menyehatkan pencernaan
Buah berwarna merah ini juga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi usus besar karena mengandung serat yang tinggi sehingga menyehatkan pencernaan. Rutin makan buah naga juga bisa mengatasi masalah sembelit.

 
Meredakan nyeri
Buah naga juga memiliki sifat anti-inflamasi. Selain dapat meningkatkan sirkulasi darah, juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Buah naga dipercaya dapat mengobati arthritis atau radang sendi.  

 

9 comments: