Thursday, May 27, 2021

Arti AM dan PM Dalam Jam

 




Sebelumnya saya tidak terlalu perduli akan arti a.m dan p.m dalam jam karena saya belum membutuhkannya terlebih lagi penentuan jam di Indonesia tidak menggunakan a.m dan p.m. Tetapi semenjak saya membuat kesalahan dalam menggunakan a.m dan p.m saya jadi extra hati-hati dengan yang satu ini. Ceritanya saya diminta untuk membuat undangan meeting di outlook email yang mengundang  beberapa atasan. Tanpa rasa bersalah saya membuat undangan meeting jam 2 a.m alias jam 2 pagi hehehe…padahal seharusnya jam 2 p.m atau jam 2 siang. Kesalahan ini tidak saya sadari sampai ada email dari salah satu orang yang diundang meeting yang menanyakan "Mbak Yuni yakin ini meetingnya jam 2 pagi?" Whaaaattt..segeralah saya mencari  tahu apa itu a.m dan p.m kemudian meralat undangan meeting tersebut hehe..
Well supaya Anda-anda tidak membuat kesalahan seperti saya berikut penjelasan singkat  mengenai a.m dan p.m :

  • Kalau tengah hari (noon) disebut 12 p.m
     
  • Kalo tengah malam (midnight) disebut 12 a.m
     
  • Tidak usah bingung kenapa noon disebut 12 p.m karena kalo dipikir-pikir setelah 11 a.m harusnya berikutnya 12 a.m, lalu kenapa jadi 12 p.m ?
     
  • Kuncinya pada arti singkatan a.m dan p.m
    a.m = ante meridiem (before noon = sebelum tengah hari)
    p.m = post meridiem (after noon = setelah tengah hari)
     
  • Jadi yang menjadi patokan adalah a.m
    a.m dimulai dari jam 00:00:01 (tengah malam)  - 11.59:59 (tengah hari)sehingga jam 12:00:00 mau nggak mau harus jadi p.m.

"Waste your money and you're only out of money, but waste your time and you've lost a part of your life." - Michael LeBoeuf

"Everybody deserve to have a second change in love, third and fourth is nothing but wasting time." - Wahyuni

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara mengetahui AM dan PM dan semoga informasi diatas dapat berguna untuk Anda.

No comments:

Post a Comment