Monday, October 3, 2022

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan


 Tahukah  anda bahwa Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang dihasilkan oleh tubuh? Pada saat tubuh  terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol.  Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB). Tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi. 

Vitamin D dapat ditemukan dalam jumlah kecil di beberapa makanan, termasuk ikan berlemak seperti herring, mackerel, sarden dan tuna. Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan penyakit antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung, kanker payudara dan kanker endometrium.

Manfaat vitamin D :

  • Vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat.
  • Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium disaluran pencernaan.
  • Vitamin D memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker.
  • Molekul aktif dari vitamin D, yaitu kalsitriol , merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang dan fungsi otot.
  • Vitamin D digunakan untuk mencegah dan mengobati rakhitis,
  • Vitamin D diperlukan untuk pengaturan mineral kalsium dan fosfor ditemukan dalam tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam menjaga struktur tulang.
  • Vitamin D juga digunakan untuk mengobati tulang lemah, nyeri tulang, keropos tulang atau hiperparatiroidisme, dan penyakit bawaan Osteogenesis imperfecta di mana tulang terutama rapuh dan mudah rusak.
  • Mengurangi resiko terkena  osteoporosis, dan mencegah kalsium yang rendah dan kehilangan tulang (osteodistrofi ginjal) pada orang dengan gagal ginjal.
  • Beberapa orang menggunakan vitamin D untuk kondisi kulit termasuk vitiligo, skleroderma, psoriasis, actinic keratosis, dan lupus vulgaris.

"But friendship is precious, not only in the shade, but in the sunshine of life, and thanks to a benevolent arrangement the greater part of life is sunshine." - Thomas Jefferson

Tahukah Anda, paparan sinar matahari di tangan, wajah, lengan, dan kaki sebanyak 2-3 kali seminggu selama 15 menit menghasilkan cukup vitamin D untuk tubuh. Vitamin D disimpan dalam lemak di dalam tubuh dan kemudian dilepaskan ketika sinar matahari hilang.

No comments:

Post a Comment