Saturday, July 9, 2022

Manfaat Sarapan Oatmeal

Oatmeal bukan cuma kaya serat dan berkhasiat menambah energi pada tubuh, tetapi juga memberi banyak manfaat jika Anda mengonsumsinya setiap hari sebagai menu sarapan. Oatmeal merupakan makanan sumber karbohidrat yang kaya serat. Makanan ini dapat dijadikan alternatif pengganti nasi sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Oatmeal juga dikenal sebagai makanan sehat untuk jantung.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan :

1. Mengontrol berat tubuh
Kandungan serat yang sangat tinggi pada oatmeal ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan juga mengatasi sembelit. Sehingga oatmeal mampu mengurangi ukuran pinggang Anda. Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal setiap hari akan membantu mengontrol berat badan Anda.

2. Mengurangi Resiko Hipertensi
Kandungan serat larut air pada oatmeal ternyata mampu mengurangi resiko hipertensi. Sebuah studi merekomendasikan agar wanita menopause, yang cenderung mengalami tekanan darah tinggi, mengonsumsi 6 porsi oatmeal setiap minggu. Sedangkan bagi pria, makan semangkuk oatmeal per hari mampu menurunkan resiko gagal jantung.

3. Baik untuk Pencernaan
Susah buang air besar? Cobalah makan oatmeal setiap hari sebagai menu sarapan. Selain mampu menjaga berat badan, makan oatmeal juga membantu melancarkan pencernaan.

4. Mencegah Diabetes
Penderita diabetes juga disarankan mengonsumsi oatmeal. Sebab oatmeal memiliki khasiat menyerap gula berlebihan dalam tubuh akibat kinerja insulin yang bermasalah.
Untuk mencegah diabetes sebaiknya rutin mengkonsumsi oatmeal untuk sarapan.

5.  Mencegah Osteoporosis
Makanan dari gandum juga mengandung komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi oatmeal setiap hari bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan mineral tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

6. Mencegah Stres
Saat sedang stress, kita seringkali tergoda dengan makanan yang manis dan mengandung gula. Padahal gula tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebenarnya tidak hanya gula, semua makanan yang mengandung karbohidrat mampu mencegah stres. Kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal dan roti gandum juga dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks.

"Oatmeal is a cheap and healthy breakfast." - Marcus Samuelsson

"Don't jugde an Oatmeal from the flavourless tasted...because sweet isn't always good." - Wahyuni

Semoga informasi diatas bisa berguna untuk Anda.

No comments:

Post a Comment