Tuesday, June 24, 2014

Quotes from Pramudya Ananta Toer


Kali ini saya ingin mengajak Anda mengenal lebih dekat salah seorang sastrawan Indonesia yang karya-karyanya diakui dunia. Jangan cuma tau pengarang Harry Potter atau The Lord of The Ring saja...iya nggak. Well, Nama Pramoedya Ananta Toer mungkin kurang akrab dikuping  Anda, tetapi Beliau adalah salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Beliau lahir di Blora, Jawa Tengah 6 Februari 1925 dan meninggal di Jakarta, 30 April 2006 pada usia 81 tahun. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing. Karyanya berupa cerita pendek, novel, komik, essay, tulisan-tulisan mengenai polemi, dan sejarah. Karya terkenalnya antara lain novel Tetralogi Buru, Bumi Manusia, Jejak Langkah dan Gadis Pantai. Tulisan-tulisan Pramoedya Ananta Toer  dipengaruhi oleh Leo Tolstoy, Maxim Gorky, G√ľnter Grass dan Karl Marx. Atas karya-karyanya Pramoedya Ananta Toer memperoleh banyak penghargaan dari Luar Negeri salah satunya gelar kehormatan Doctor of Humane Letters dari Universitas Michigan tahun 1999.



Berikut ini beberapa quotes dari Pramoedya Ananta Toer, yang mungkin saja bisa menjadi inspirasi buat Anda-anda yang ingin menjadi penulis seperti beliau :



"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."



"Menulis adalah sebuah keberanian…"



"Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini?"



“Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.”



"Kesalahan orang-orang pandai ialah menganggap yang lain bodoh, dan kesalahan orang-orang bodoh ialah menganggap orang-orang lain pandai."



"A mother knows what her child’s gone through, even if she didn’t see it herself."



"How simple life is. It’s as simple as this: you’re hungry and you eat, you’re full and you shit. Between eating and shitting, that’s where human life is found."



"Kalau kemanusiaan tersinggung, semua orang yang berperasaan dan berfikiran waras ikut tersinggung, kecuali orang gila dan orang yang berjiwa kriminal, biarpun dia sarjana."



"Hidup sungguh sangat sederhana. Yang hebat-hebat hanya tafsirannya."

No comments:

Post a Comment