Friday, June 24, 2016

TIPS PUASA : Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Bagi penderita diabetes melitus, berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Meskipun sehari penuh berpuasa, godaan makanan manis dan bersantan saat berbuka tidak bisa dihindarkan. Padahal, makanan manis telah lama diketahui sebagai musuh utama penderita diabetes.

 Prevalensi penderita diabetes di seluruh dunia sangat tinggi. Diperkirakan 371 orang usia 20-79 tahun mengidap penyakit ini. Indonesia sendiri menempati urutan ketujuh sebagai negara dengan penderita diabetes tertinggi di dunia.

 Ketua Divisi Departemen Endokrinologi dan penyakit dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Em Yunir, mengatakan pada dasarnya tidak ada makanan yang menjadi pantangan. Penderita diabetes juga tetap bisa berpuasa dengan syarat harus disiplin menjaga porsi asupan makanan.

 “Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi seperti makanan yang mengandung gula pasir atau gula merah,” katanya.

 Penderita diabetes juga harus mengetahui berapa kebutuhan kalorinya. Saat makan sebaiknya tidak terlalu berlebihan tetapi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Yunir menambahkan berpuasa sebenarnya bisa mengendalikan gula darah. Namun, permasalahan yang sering muncul adalah saat berbuka. Banyak penderita diabetes yang justru kalap dan mengonsumsi terlalu banyak karbohidrar saat berbuka puasa.

 Adapun untuk konsumsi obat biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Jika biasanya minum di pagi hari, konsumsi obat bisa dialihkan pada saat berbuka puasa. Agar tahu berapa jumlah kebutuhan kalori, penderita diabetes disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi saat berpuasa.

 Meskipun sedang berpuasa, olahraga tidak boleh diabaikan oleh penderita diabetes. Durasinya tidak perlu terlalu lama cukup 150 menit per minggu. Adapun jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga yang dilakukan berulang-ulang seperti renang atau lari. Saat berpuasa, olahraga bisa dilakukan pada sore menjelang berbuka puasa atau malam hari. Sebaiknya hindari olahraga pada pagi hari saat bulan puasa karena akan menyebabkan dehidrasi.

 Yunir mengatakan sebanyak 90% penderita diabetes merupakan tipe 2 yang berkaitan erat dengan gaya hidup. Pada diabebetes tipe 2 tubuh tidak lagi bisa memproduksi insulin dengan baik. Biasanya, mereka yang mengidap penyakit ini bisa disebabkan oleh obesitas, faktor genetik, serta kurang melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, dengan melakukan gaya hidup sehat seperti asupan gizi seimbang, menurunkan berat badan,  dan rutin berolahraga akan menurunkan risiko diabetes.

 Diabetes melitus merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Yunir menuturkan jika seseorang terkena diabetes maka dia harus mengonsumsi obat dan mengontrol gula darah seumur hidupnya. “Sayangnya banyak pasien diabetes yang tidak mengerti. Jadi ketika sudah mulai membaik mereka kembali menjalankan gaya hidup tidak sehat sehingga memicu komplikasi seperti jantung, gagal ginjal, atau katarak,” tambahnya.

 Berdasarkan data internasional, pada 2015 sebanyak 9,3% dari orang dewasa menderita diabetes. Lebih dari setengahnya justru tidak terdiagnosisi. Adapun data dari RSCM pada 2011 menunjukkan kebanyakan pasien datang dengan komplikasi kronis.

Thursday, June 23, 2016

Tips Merawat dan Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang paling rentan terserang jerawat sehingga perlu perawatan yang benar. Selain jerawat, komedo dan kulit kusam dan berminyak juga merupakan masalah yang harus dihadapi oleh pemilik kulit berminyak. (Baca juga : Tips Sederhana Merawat Kulit Agar Tetap Sehat)
Berikut beberapa tips mengenai cara mengatasi dan merawat kulit berminyak .

- Pelembab Wajah
Kulit berminyak juga membutuhkan pelembab. Jika kulit berminyak menjadi kering, hal ini memicu produksi minyak tambahan. Pilih pelembab yang bebas minyak dan ringan.

TIPS PUASA : Penuhi Kebutuhan Nutrisi Agar Tetap Berenergi

Jutaan orang, di seluruh dunia, kini tengah menjalani puasa di bulan suci Ramadan.

Dan saat menikmati bulan penuh berkah ini, seseorang harus tetap diet yang sehat dan stabil dan menjalani gaya hidup yang baik.
Tidak usah merasa puasa selama beberapa jam adalah hal yang berat dan menantang. Asalkan pola makan dan asupan makanan Anda sehat dan benar.

Oleh karena itu, kebutuhan untuk tetap diet yang seimbang, yang penuh gizi dan vitamin, sangat penting.

Kurangnya makanan dan air selama seharian dapat mengambil energi dalam tubuh seseorang. Dan kekurangan energi selama hari dapat mempengaruhi kehidupan profesional dan pribadi Anda. Karena perlu memastikan asupan makanan Anda bergizi saat memasuki sahur malam.

Selama Ramadan Berikut tips-tips sederhana dapat berdampak positif kesehatan
Sahur adalah waktu makan yang paling penting selama Ramadan. Dan itulah sebabnya, sangat penting untuk memilih makanan yang sehat saat mengisi perut waktu sahur. Singkatnya, makanan yang akan membuat Anda tetap berenergi  sepanjang hari. Cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengenyangkan seperti  oatmeal, telur, buah-buahan

Kebanyakan orang mengeluh masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, selama puasa. Jadi, orang harus makan cukup dan tidak memanjakan makan berlebihan selama sahur atau berbuka puasa. Adapun jenis makanan yang wajib dikonsumsi adalah kurma, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, untuk memastikan bahwa tubuh memiliki jumlah nutrisi yang cukup

Selama makan, kita juga harus menghindari terlalu banyak minum teh dan kopi. Sebaliknya, minum banyak air selama waktu sahur dan berbuka sehingga Anda dapat tetap energik sepanjang hari

Sunday, June 19, 2016

Tips Cantik : Kenali Penyebab Munculnya Jerawat

Kecil tapi nyebelin banget…itulah jerawat. Satu saja ngilanginnya susaaah banget. Gimana kalau jerawatnya lebih dari satu? Belum lagi kalau jerawatnya segede gaban trus nangkring dihidung, merah dan sakit pula kalau disentuh. Pengennya sih dipencet hehe, tapi gimana mau dipencet kalau di pegang aja sakit. Hadeeeehh…bener-bener bikin nda pede. Syukur-syukur kalau ga' ada acara yang mengharuskan kita ketemu orang banyak.

Well, itulah jerawat. Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya jerawatan. Apalagi kalau Anda yang mempunyai tipe kulit berminyak seperti saya. Jerawatan sudah jadi hal biasa. Tapi dengan rajin membersihkan wajah secara rutin  jerawat bisa diminimalisir kok (baca : Tips Mengatasi Kulit Berminyak). Satu dua jerawat masih nongol sih, tapi  hanya kalau lagi datang bulan saja…yah wajarlah ketimbang nongol tiap hari hehe.

Wednesday, June 15, 2016

Tips Menjadi Pribadi Yang Ramah Lingkungan


Apakah Anda termasuk orang yang menyukai gaya hidup hidup ramah lingkungan? Seperti apa sih gaya hidup ramah lingkungan itu? Para pendukung gaya hidup ramah lingkungan biasanya menjalani kehidupan mereka dengan cara yang konsisten dan berkelanjutan, selalu berusaha menjaga keseimbangan alam dan menghargai hubungan simbiosis antara manusia dengan ekologi dan siklus alam.

Berikut ini hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari sebagai usaha kalau Anda juga perduli terhadap lingkungan sekitar : 

- Buang sampah pada tempatnya.
Ini adalah hal yang paling mudah tetapi paling susah dilakukan. Anda pasti sudah paham banyaknya permasalahan yang timbul akibat kurangnya kesadaran individu untuk membuang sampah pada tempatnya. Mulai dari lingkungan yang kotor karena sampah bertebaran dimana-mana, tumpukan sampah menjadi sumber penyakit dan bencana yang lagi ngetrend sekarang ini banjir.

Sunday, June 12, 2016

What is Ramadan?


Ramadan is a period of fasting for muslims all around the world. Time for reflection, devotion, generosity and sacrifice observed. Ramadan retains its intense spiritual meaning. The word "Ramadan" comes from the Arabic root word for "parched thirst" and "sun-baked ground." It is expressive of the hunger and thirst felt by those who spend the month in fasting. Ramadan is a very special time for Muslims, but the feelings and lessons we experience should stay with us throughout the year. In the Qur'an, Muslims are commanded to fast so that they may "learn self-restraint" (Qur'an 2:183). This restraint and devotion is especially felt during Ramadan, but we all must strive to make the feelings and attitudes stay with us during our "normal" lives. That is the true goal and test of Ramadan.

It's believed that in this month that the Qu'ran was revealed to the prophet Mohammad. The fast is done during daylight hours for 30 days. Of course, those who are ill or small children do not fast. Ramadan is basically the spiritual cleansing of the soul through self restraint. Through fasting, a Muslim experiences hunger and thirst, and sympathizes with those in the world who have little to eat everyday. Muslims fill day and night with prayer, reading Qur'an just to get closer to Allah and recognize that everything we have in this life is a blessing from Allah.
 
May Allah accept our fasting, forgive our sins and guide us all to the Straight Path in everyday of our life. May Allah bless us all during Ramadan and throughout the year, with forgiveness, mercy, and peace.

Saturday, June 11, 2016

10 Fakta Unik Tentang Menangis atau Air Mata


Menangis..mengeluarkan air mata adalah yang wajar dan manusiawi. Bukan Cuma anak kecil yang menangis, orang dewasa pun mengalami hal ini. Menangis sering disebut "katarsis," pelepasan terpendam emosi dan ketegangan. Hal yang menyebabkan seseorang menangis pun berbeda-beda, bisa menangis karena sedih, karena bahagia, menangis karena kesal ataupun menangis karena ada rangsangan dari luar. Beberapa orang lebih rentan menangis daripada yang lain. Orang yang sedang cemas akan menangis lebih sering dan lebih mudah daripada yang lain. 
Berikut ini silahkan Anda simak beberapa fakta menarik tentang menangis atau air mata yang mungkin belum Anda ketahui :

Friday, June 10, 2016

Tips Tampil Cantik Dengan Hijab Saat Ramadan Dan Idul Fitri

Masih dalam suasana Ramadan, kali ini Unique Daily Tips ingin berbagi tips dan trik untuk Anda agar tampil lebih percaya diri dengan hijab/jilbab sekalipun untuk anda yang belum terbiasa memakai jilbab. Berikut ini, silahkan Anda simak beberapa tips untuk Anda agar tampil lebih cantik saat memakai jilbab :
1. Pilih bahan jilbab yang ringan, nyaman, adem dan praktis Seperti bahan spandex, sifon, atau sutra dapat menjadi pilihan untuk jilbab cantik Anda sehari.hari. Karena bahan-bahan ini lebih
mudah untuk dibentuk jilbab sesuai dengan model yang kita inginkan.

2. Memilih model jilbab sesuai dengan bentuk wajah. Sangat penting untuk menyesuaikan model jilbab yang akan Anda gunakan, misalnya jika wajah Anda bulat, hindari hiasan dan corak yang terlalu berlebih agar tidak memberi kesan tembem pada wajah Anda. Sekarang ini sudah banyak dijual ciput  sesuai dengan bentuk wajah.
3. Menyesuaikan warna dan model jilbab dengan busana yang dikenakan untuk memberi kesan serasi, elegan dan cantik. Untuk mendapatkan penampilan ceria, pilihlan warna atau corak yang terang. Untuk kelihatan lebih anggun, gunakan jilbab yang berwarna lembut atau gelap.
 
4. Pilih warna jilbab yang serasi dengan warna kulit. Percaya atau tidak warna jilbab yang sesuai akan membuat Anda terlihat lebih cantik.
 
 
 
5. Agar jilbab tetap rapi tentunya harus menggunakan ciput sebagai dalaman. Ada baiknya untuk menyesuaikan warna dalaman/ciput dengan jilbab yang dipakai. Warna hitam sering menjadi pilihan karena terkesan netral.
6. Menggunakan jilbab/hijab sebaiknya  disesuaikan dengan kegiatan atau acara yang hendak dihadiri. Untuk acara yang santai pilihlah model jilbab yang simple dan praktis. Sedangkan untuk acara resmi, Anda bisa memilih model jilbab yang lebih elegan.

 
 
7. Menggunakan aksesoris. Gunakanlah aksesoris seperti bros, payet, mutiara atau hiasan lainnya untuk mempercantik penampilan Anda.
 


Demikianlah tips tampil cantik dengan hijab/jilbab versi Unique Daily Tips. Mudah-mudahan berguna untuk Anda.



 

Tips Tetap Segar dan Fresh Saat Berpuasa


Selama satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Tahukah Anda, selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting sekali untuk memerhatikan pola makan dan pola tidur agar Anda bisa menjalani puasa dengan baik. Berikut ini silahkan Anda simak beberapa tips sehat selama berpuasa versi Unique Daily Tips :


1. Agar bertahan lama, dianjurkan untuk sahur mendekati waktu imsyak.
 
2. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Mengkonsumsi buah juga sangat baik untuk menjaga stamina Anda selama puasa.
 
3. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.
 
4. Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.
 
5. Untuk mencegah tubuh dari dehidrasi dengan minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.
 
6. Kurangi mengkonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari.
 
7. Bagi penderita sakit lambung sebaiknya menghindari makanan seperti ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
 
8. Pada saat makan malam, sebaiknya tidak makan terlalu banyak untuk mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan minuman yang mengandung soda karena bisa buat Anda sulit. Sebagai alternatif ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.
 
9. Ketika udara semakin panas dan terik, usahakan untuk beraktivitas di dalam ruangan yang dingin atau tempat teduh. Batasi pula aktivitas fisik agar Anda tidak mudah lelah.
 
10. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.
 
11. Kurangi yang manis-manis. Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar.
 
12. Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tak makan dan minum seharian, melainkan karena tak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika memungkinkan untuk tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan membantu memulihkan energi Anda.
 
13. Mengkonsumsi Vitamin jika dianggap perlu ( vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C).
 
14. Jangan lupa niatkan ikhlas karena Allah, karena keikhlasan karena Allah akan memberikan semangat yang sangat berlebih dalam seluruh aktivitas Anda. Untuk niat puasa silahkan Anda baca Niat Puasa dan Do'a Saat Berbuka Puasa.
 
Demikianlah tips yang dapat Anda lakukan agar tetap segar dan fresh saat menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Thursday, June 9, 2016

Niat Puasa dan Do'a Saat Berbuka Puasa

 



Innamal a'malu binniyaat..." Sesungguhnya setiap amalan tergantung dari niatnya. Semua amal yang kita lakukan sebaiknya dibarengi dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Niat dalam berbuat amal ada yang dilafadzkan dan ada yang diniatkan dengan hati. Begitu juga ketika kita melakukan ibadah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Niat puasa biasanya dilakukan ketika sahur.

Berikut niat puasa
"Nawaitu shauma godhin ‘an adaai fardli syahri ramadlaani haadzihis sanati lillahi ta’aalaa"
Artinya : Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Ta’ala.
 
Selanjutnya berikut do'a berbuka puasa :


"Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘alaa rizqika afthartu birahmatika yaa arhamarrohimin"
Artinya : Ya Allah karenaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Demikian niat dan do'a puasa yang bisa kita lafadzkan di bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah ini, semoga kita dapat meraih rahmat dan magfirah-Nya. Amin......

 

Sunday, June 5, 2016

Makanan Sumber Zat Besi

Meski terlihat sepele, namun peran zat besi ini sangat penting bagi tubuh kita. Distribusi oksigen, kekebalan tubuh dan pembentukan sel darah merah sangat didukung oleh mineral ini. Kekurangan zat besi dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, anemia, dan membuat tubuh loyo. Berikut silahkan Anda simak beberapa makanan sumber zat besi terbaik yang bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh kita. (baca juga : Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat Agar Hidup Lebih Sehat)

A. Sumber Zat Besi Hewani
1. Telur
Telur kaya akan semua mineral, termasuk besi, dan vitamin B. Telur ideal dikonsumsi saat sarapan karena mengandung jumlah energi memadai.