Sunday, June 17, 2018

Penyebab Umum Sakit Kepala


Sakit kepala adalah hal yang sangat mengganggu, karna membuat kita menjadi sulit beraktifitas. Yups, bagaimana mau beraktifitas kalau tidak bisa kosentrasi akibat kepala pening, nyut-nyutan    atau migrain. Sakit kepala secara medis dikenal sebagai cephalalgia  adalah suatu kondisi terjadinya rasa sakit di dalam kepala, kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala merupakan keluhan paling umum dengan prevalensi hampir 99% dan merupakan alasan paling umum untuk rujukan neurologis.

Kira-kira apa saja yah penyebab sakit kepala? Berikut ini silahkan Anda simak beberapa hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya sakit kepala :
1. Melewatkan makan
Rasa lapar juga bisa membuat kepala Anda sakit. Bila Anda melewatkan makan, hal ini akan menyebabkan tingkat gula darah turun dan selanjutnya akan mempengaruhi aliran darah ke otak dan menyebabkan sakit kepala.

2. Penyakit Gigi
Gangguan masalah gigi dapat menyebabkan sakit kepala karena saraf di gigi yang terhubung dengan saraf di kepala.

3. Dehidrasi
Pada saat dehidrasi, tubuh kehilangan cairan dan garam yang penting bagi otak dan menyebabkan aliran darah serta oksigen ke otak menurun. Inilah yang memicu terjadinya sakit kepala.

4. Tegang
Tegang merupakan penyebab paling umum sakit kepala, di mana angkanya mencapai 90 persen. Tegang bisa diakibatkan karena salah posisi tidur, gangguan tidur, stress, atau bekerja menghadap satu titik dalam waktu lama. Misalnya pekerja yang menghadap komputer terus sehingga leher menjadi tegang.

5. Anemia
Anemia (kurang sel darah merah) yang disebabkan kurangnya zat besi juga dapat menimbulkan sakit kepala. Biasanya, gejala ini juga disertai mengantuk terus, lemas, letih dan lesu.

6. Stres dan Kurang Tidur
Hilangkan juga stres, makan yang bergizi dan biasakan tidur yang cukup. Tidur cukup yang teratur dapat membantu mencegah sakit kepala.

7. Hormonal
Biasanya ini terjadi pada wanita yang akan atau sedang menstruasi.

8. Hipoglikemia (Kadar Gula Darah Rendah)
Saat seseorang lapar atau melewatkan waktu makan, kadar gula darah tubuh akan menurun. Saat kondisi ini terjadi, tubuh akan mengeluarkan hormon untuk mengkompensasi kadar gula darah rendah yang memicu terjadinya sakit kepala.

9. Aktivitas Fisik
Betapa latihan fisik yang berat dapat membuat otot di kepala, leher, dan bahkan kulit kepala
membutuhkan darah lebih untuk sirkulasi. Hal ini dapat memicu timbulnya sakit kepala.

10. Merokok
Merokok dapat memicu sakit kepala bukan hanya orang yang aktif merokok tapi juga orang yang menghirup asap rokok. Asap mengandung nikotin yang mempersempit pembuluh darah di otak. Sakit kepala yang disebabkan karena rokok biasanya akan sangat menyakitkan pada satu sisi kepala.


"It's a bit of a headache being a perfectionist. You're never satisfied." - Cherie Lunghi

"Don't underestimate  headache as a common disease, it might be an early symptom of something larger." - Unique

No comments:

Post a Comment