Thursday, November 13, 2014

Tips Belajar Bahasa Inggris Tanpa Kursus

Dari jaman saya SD saya sudah sering mendengar bahwa Bahasa Inggris itu adalah bahasa Internasional dan digunakan di 54 negara. Tidak sedikit dari teman-teman saya  yang 'alergi' sama bahasa yang satu ini. Padahal tidak bisa dipungkiri yang namanya Bahasa Inggris itu kita jumpai di mana-mana.

Siapa bilang mau pinter ngomong Inggris harus kursus dulu atau harus ke luar negri dulu...hadeeh ntar malah nyasar hehe, By the way banyak kok cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa berbahasa Inggris. Saya pribadi tidak pernah mengikuti kursus Bahasa Inggris atau sejenisnya untuk bisa bercakap-cakap fasih menggunakan bahasa yang satu ini.

Berikut ini beberapa tips sederhana dari saya yang bisa Anda praktekkan.


- Belajar dari lagu.
Menurut saya ini adalah cara yang paling ampuh. Soalnya lirik lagu barat biasanya simple jadi lebih mudah nyangkut di kepala. Pilih lagu berbahasa Inggris yang Anda suka, sebaiknya yang sedikit slow sehingga Anda bisa dengarkan perkata. Jangan lupa siapkan juga teksnya yah...

- Nonton film
Punya film barat favorit tidak? Di waktu luang, coba deh isi dengan nonton film tersebut. Aktifkan subtitle bahasa Inggris. Awalnya mungkin agak sulit karena harus mendengar sambil membaca. Tapi lama-lama seru juga loh. Cari kalimat yang Anda suka, ucapkan sampai anda mahir.

- Tambah perbendaharaan kata Anda.
Ini termasuk wajib. Soalnya gimana mo ngomong kalau ga punya perbendaharaan kata. Tidak usah terlalu banyak..dimulai dari kata-kata yang sederhana misalnya kata sifat, nama-nama anggota tubuh dalam bahasa Inggris atau nama benda-benda disekitar Anda. Step by step lah...

- Menulis.
Cobalah menulis sedikit kegiatan Anda dalam bahasa Inggris. Jangan takut salah namanya saja lagi belajar sendiri. Sesekali Anda boleh mengintip kamus kalau lupa.
Buat diri anda senyaman mungkin. Hari ini Anda menulis 2 kalimat dalam bahasa Inggris, besok 3 kalimat dan seterusnya. Bikin puisi dalam bahasa inggris kenapa tidak?

- Bercakap-cakap Sendiri.
Belum pe de untuk bercakap-cakap dengan orang lain? Tidak ada salahnya anda bercakap-cakap sendiri. Kalau Anda malu dilihat orang lain yang akan berpikir anda kurang waras karena berbicara sendiri. Yah..lakukan di kamar, ekspresikan perasaan Anda dalam bahasa Inggris. Mulai dari kata yang sederhana saja. Misalnya ''I am so happy because bla bla bla....'' asyik kan ^^

- Membaca
Cari bacaan atau cerita berbahasa Inggris. Baca dengan suara yang agak keras untuk melatih pengucapan Anda, ulangi sampai anda lancar. Penulisan dan pengucapan dalam bahasa Inggris memang berbeda dan mau ga' mau harus banyak latihan.

- Install Applikasi Translate di HP
Tidak ada salahnya menginstall applikasi ini ketimbang bawa kamus. Ada beberapa pilihan translate online atau bukan. Percaya deh applikasi ini sangat membantu.

Well...sekian dulu tips dari saya. Perlu Anda ingat, jangan takut untuk mempraktekkan bahasa Inggris Anda. Jangan malu untuk bertegur sapa bila bertemu dengan turis.

No comments:

Post a Comment