Sunday, September 29, 2019

7 Tips Menjaga Agar Otak Awet Muda

Bisa terlihat awet muda pasti menjadi keinginan setiap orang. Tetapi tahukah Anda, bukan cuma wajah dan penampilan yang perlu dijaga agar senantiasa terlihat awet muda, tetapi otak pun perlu dijaga agar awet muda. (baca juga : Tips Agar Awet Muda). Otak awet muda yang saya maksud adalah tidak menjadi pikun sebelum waktunya hehe... Pikun karena sudah berumur mungkin lumrah yah. Tapi kalau masih muda trus pikun mulu, lupa bawa dompet..lupa naruh hp..lupa ngerjain PR...lupa sama pacar waduuuh gawat...

Berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan agar otak Anda bekerja lebih baik dan lebih pintar.

1. Menjaga kesehatan gigi
Percaya atau tidak, kesehatan gigi berhubungan dengan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa mengunjungi dokter gigi dua kali setahun dan membersihkan gigi secara teratur baik untuk kesehatan otak. Kesehatan gigi yang baik bisa menurunkan risiko seseorang terkena demensia. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menggosok gigi kurang dari sekali sehari memiliki risiko terkena demensia 65 persen lebih tinggi.

2. Minum teh hijau
Penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa teh hijau bisa meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pada pria. Peneliti berhasil menemukan efek positif dari flavonoid yang terkandung dalam teh hijau pada otak. Sementara itu, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa teh hijau bisa melindungi otak dari Alzheimer.

3. Menjaga tingkat kolesterol
Penelitian di tahun 2009 menunjukkan bahwa peningkatan kolesterol dalam tubuh berkaitan dengan tingginya risiko Alzheimer dan demensia. Berdasarkan peneliti, apa yang baik untuk jantung juga baik untuk otak. Untuk itu, Anda bisa menurunkan risiko demensia dan dengan menurunkan tingkat kolesterol.

4. Rajin Menonton berita/film dokumenter
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang menonton film dokumenter tentang alam memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes kemampuan bahasa. Mereka juga memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Bahkan, mereka memiliki otak yang lebih baik daripada orang yang berhasil menyelesaikan permainan asah otak dan sejenisnya

5. Tidur yang cukup
Perlu Anda ketahui bahwa otak juga butuh istirahat dan ini dapat dilakukan pada saat Anda tidur.

6. Asupan Makanan
Nutrisi memainkan peran besar dalam kita baik dalam hak kemampuan mental dan kognitif. Mengkonsumsi omega-3 asam lemak, yang dapat ditemukan di banyak makanan seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan dan antioksidan, yang dapat ditemukan di sebagian besar buah dan sayuran merupakan hal penting dalam menjaga otak agar awet muda.

7. Beri Stimulasi pada Otak
Penting untuk menjaga otak Anda aktif. Demikian pula, tidak menggunakan otak untuk
waktu yang lama mungkin melemahkan kemampuan kognitif otak Anda. Latihlah otak Anda dengan membaca, asah otak, menyusun puzzle, memecahkan teka-teki atau melakukan game yang menantang. Hal tersebut akan membantu untuk menjaga otak Anda dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan.

"How far you go in life depends on your being tender with the young, compassionate with the aged, sympathetic with the striving and tolerant of the weak and strong. Because someday in your life you will have been all of these." - George Washington

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lalukan yang bisa membuat otak Anda tetap sehat dan tajam. Tidak ada salahnya dicoba dari sekarang kan.

No comments:

Post a Comment